rayuan syaitan dalam hati kita

aku berlindung atas nama Allah… cahaya di atas cahaya, dzat yg menyinari hati tiap insan yang bertaqwa, DIA lah raja di atas para raja,  yang kuasai alam semesta serta hati para hambanya,, Allah menciptakan tiap manusia berbeda-beda, berbeda suku dan bangsa serta bahasa agar mereka saling mengenal antara satu dan lainnya, begitupula DIA ciptakan hati manusia, yang berbeda-beda dan berubah-ubah  layaknya bunglon yang selalu berganti warna tak tetap pada warna asalnya, itulah hati manusia “lahmu shonubariyus shaklu”.

Namun berubah2 nya hati manusia ada kalanya negatif dan positif, ada kalanya hati manusia berbeda antara yg baik dan yang lebih baik, ada pula yg berbeda anatara hati yg buruk dan paling buruk. Allah menciptakan hati manusia berubah2 agr mereka berfikir, dan selalu membentuk perubahan dalam diri dan kepribadian mereka, tentunya dalam hal yang positif,,  namun, pasti ada kalanya hati kita  mendengarkan dan terpengaruh hasutan syaitan, ya…. saat-saat itu iyalah saat-saat dimana kita mengalami kehilafan, kehilafan yg bisa terjadi pada siapapun, pada nabi, wali, dan smua umat manusia,, tak luput dari kata “khilaf”,  hanya saja sejauh mana kita berada dalam tingkat hilaf tersebut, apakah hilaf itu berkelanjutan dan mengubah hati kitamenjadi hati yang hitam tampa cahaya islam, atau hilaf  dan langsung bertaubat meminta ampun pada-NYA? Dengan memohon perlindungan allah, berlindunglah kepada-NYA dari sgala macam rayuan syaitan dalam hati kita, yang mengajari hati kita keburukan dan sifat yang allah benci, baik itu sedikit ataupun banyak,,

Syaitan merasuki hati kita, ber-acting seolah2 dy adalah teman kita yang  selalu bersama kita,, dan memberi kita solusi terhadap masalah-masalah yg menimpa, namun skali saja kita mendengarkan solusinya maka terjerumuslah kita dalam lubang perangkapnya, ketika kita berada dalam masalah , syaitan memberi kita saran,,, yang “kedengarannya saja” bisa membantu kita, namun sebenarnya saran tu hanyalah menambah penderitaan kita saja, seperti dalam kisah berikut:

Suatu hari si fulan berada dalam masalah keluarga, dia amat sangat putus asa dan merasa tidak ada jalan keluar atas masalahnya tersebut. Datanglah syaitan dalam hatinya menyarankan nya untuk meminum khomer “minuman keras” agar si fulan tersebut bisa melupakan masalahnya yang ada. Karena merasa pendapat syaitan yg berbisik di hati nya itu benar, pergilah dia (fulan) ke sebuah club di dekat kotanya, setelah dia meminum minuman keras dan amat sangat mabuk,,, terlupakanlah smua masalah dalam hidupnya, dia merasa tenang.. seolah2 dunia ini ada dalam genggamannya, keesokan harinya, setelah dia sadar… dia teringat akan masalah2 yang ada, hingga dia merasa putus asa kembali…. karena masalah nya tak kunjung ada penyelesaian, dan datanglah lagi syaitan ke dalam hatinya, membujuknya untuk meminum khomer lagi agar dia merasa tenang seperti keadaan smalam, dan si fulan pun mengulanginya, kejadian tersebut terus berlangsung tiada hentinya sampai akhirnya si fulan meninggal karena terlalu banyak meminum khomer, meninggal dengan hati yg tidak tenang. Si fulan meninggal dengan membawa masalah yang belum juga selesai .

Saudara-saudaraku,,,, pada dasarnya syaitan tidak bisa memberikan ketenangan dalam hidup kita, yang syaitan bawa hanya kesenangan sesaat yg ujung2nya hanyalah penderitaan saja. KETENANGAN YANG ABADI ADALAH KETENANGAN YANG BERASAL DARI SANG ILAHI, KETENANGAN YANG AKAN MENYELIMUTI SELURUH HATI ..  MERENUNGLAH DAN AMBILLAH RESTU ALLAH YANG TELAH BELIAU SIAPKAN UNTUKMU,,  SEBAGAI JALAN KELUAR DARI APA YANG KAU TUJU.. ITULAH KETENANGAN YG HAQIQI YANG BISA MEMBAWA KEBERKAHAN DALAM HIDUP KITA DAN MENYELESAIKAN SEMUA MASALAH YANG ADA. Begitu banyak saudara2 kita yang mengalami peristiwa hidup seperti cerita di atas. mengatasi masalah hidupnya dgn meminum minuman keras, padahal satuupun masalah terselesaikan dgn meminum-minuman keras. Minuman itu hanya membuat kita tidak sadar hingga kita lupa atas apa yg telah kita alami, tapi setelah kita sadar? ingatan2 itu akan kembali menghantui kita. saudara-saudaraku,, Allah memberi kita cobaan dalam hidup ini tidak hanya sekedar memberi kita cobaan, namun allah juga memberi kita jalan keluar dalam cobaan itu, tergantung bagaimana kita berusaha mncari jalan tersebut. tapi yakinlah bahwa jalan itu pasti ada, janganlah berputus asa,, karena putus asa hanya membawa kita pada jalan buntu dimana di jalan buntu itu sudah ada syaitan yang tersnyum menunggu kedatangan kita.

Cobaan hidup akan selalu ada dan tak bisa kita hindari, karena kita layaknya murid sekolah yang akan terus mendapat pelajaran dan ujian kelas tiap tahunnya, jika anda tidak mau meneruskan ujian, anda tidak akan naik kelas dan akan bertahan disana selama-lamanya, namun jika anda hadapi ujian itu perlahan-lahan anda akan tersenyum dan menganggap ujian itu bukanlah hal yang harus di takuti, namun sebuah pelajaran yang harusta pelajari, dan sebagai imbalan anda akan naik ke kelas iman yang lebih tinggi di sisi Allah, allah menyayangi kita, beliau selalu bersama kita dan beliau paling mengerti kita dari siapapun,,, jadi jika anda mendapat ujian iman maka bertanyalah kepada guru anda, yakni allah,,,,,,,,,,,,,,,,,, DZAT yg selama ini secara tidak langsung mengajari anda banyak hal.. mengajarkan berbicara, menulis… mengajarkan sabar, dan mengajarkan apa itu “arti kehidupan”, terfikirkah anda? dahulu anda adalah seorang bayi yang tidak bsa berbicara, berjalan ataupun mengerti apa2 namun sekarang anda bisa berbicara, berlari, dan mengerti banyak hal,,,, smua itu karena allah sllu berada di samping anda, sejak anda lahir dan membuat anda bisa meniru orang-orang di sekitar anda, meniru mengeluarkan suara hingga berbentuk sebuah kata dan mnjadi kalimat, meniru cara berdiri   dari merangkak hingga mampu berdiri dgn 2 kaki,  padahal…. sapi, singa, dan kucing dari dulu selalu berkumpul dgn manusia dan melihat manusia berdiri dgn 2 kaki namun mereka tidak pernah sekalipun meniru manusia? ttpberjalan dgn 4 kaki hingga sekarang padahal manusia merangkak lalu berjalan? coba bayangkan,, andai para hewan memiliki keinginan untuk meniru? bukankah akan sangat kacau keadaan di muka bumi? layaknya film2 barat yang mana para hewan ingin menguasai bumi dan meniru membuat pesawat dan rumah seperti manusia…..  subhanallah maha suci allah… yg menciptakan kita (manusia) sebagai makhluk peniru terbaik di alam semesta,

3 Komentar

  1. elsaif said,

    22 Juli 2011 pada 10:43 AM

    Yuwaswisu fii shudurinnaas minal jinnati wan naas,,,,,
    Setan yang sulit diterka adalah setan yang berwujud manusia.
    Masyaallah, jayyid.

  2. 22 Juli 2011 pada 11:48 AM

    luqman berkata: seburuk2 nya manusia iyalah mereka yang mempunyai sifat muka dua.

    • elsaif said,

      23 Juli 2011 pada 6:41 AM

      Semoga Allah selalu memberi cahaya hidayah dan taufiqNya kepada kita semua agar kita terhindar dari segala bujuk rayu setan, amin.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: